top of page
Search
  • Writer's pictureDaiyan Pasha

Rangkuman Jawaban INFTK

PILIHAN GANDA


1. C. Wan

2. D. Seorang manager dapat memata matai kinerja bawahannya

3. D. Intranet.

4. C. Sistem keamanan data lebih baik

5. D. 41 menit

6. A. 675 megabyte

7. C. 0,897

8. D. Mobile data

9. B. Tidak Cocok untuk video call

10. C. Ada teknologi baru yang lebih nyaman digunakan

11. C. Kemampuan menampilkan data dan informasi

12. A. Dapat diakses dari mana saja

13. B. Dapat diakses menggunakan browser

14. D. 5G

15. B. Mempunyai kesesuaian dengan query pencarian

16. D. dilengkapi fasilitas wildcard

17. A. tanda plus

18. A. pengaturan umur dokumen

19. D. computer vision

20. A. membuat sitemap yang baik

21. B. semakin spesifik

22. C. Internet layer

23. B. transport layer

24. B. memecah data dalam bentuk paket-paket

25. A. eavesdropping

26. B. phising

27. C. cipher teks

28. A. firewall

29. C. browser hijackers

30. A. paket data dipindai otomatis sebelum memasuki jaringan

ESSAY

1. Jelaskan berbagai tipe koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet.

-Menggunakan Internet Service Provider

-Menggunakan Jaringan Komputer

-Menggunakan Ponsel

-Menggunakan Satelit

2. Jelaskan mengapa kamu harus menghindari memasukkan data penting di internet ketika menggunakan WIFI di tempat publik.

Karena WIFI publik bisa saja disetting sedemikian rupa sehingga bisa melihat apa saja aplikasi yang sedang kita buka bahkan yang kita ketik. Oleh karena itu sangat mudah bagi peretas mencuri data pribadi dan mengobrak abrik akun kita.

3. Arman ingin mendownload file bahan pelajaran berupa video dengan ukuran file 2,5 Gigabyte, menggunakan jaringan dengan kecepatan download 10 mbps dan upload 7,2 mbps. berapa menit waktu yang dibuthkan untuk melakukan proses tersebut?

2,5 GB= 2.5 x 1024 MB


2,5 GB=2560 MB


10 mbps= 10/8


10 mbps=1,25 MBps


Download = 2560/1,25


Download = 2048 sekon atau 34,1 menit


4. Jelaskan kondisi lingkungan tempat tinggal kamu tinggal dan kondisi jaringan internet di daerah kamu. Jaringan apakah yang paling umum digunakan pengguna internet di daerah kamu?

Kondisi internet di lingkungan saya baik. Dan yang paling umum digunakan adalah Indihome atau First media.


5. Jelaskan kelebihan aplikasi berbasis cloud dibandikan aplikasi bebasis desktop.

1. Tidak perlu memiliki komputer untuk server, sehingga mengurangi untuk biaya pemeliharaan

2. Database akan tersimpan di cloud server jadi dapat diakses di mana saja

3. Cloud computing termasuk teknologi yang ramah lingkungan karena ia meminimalisir penggunaan kertas


6. Jelaskan fungsi NLP di mesin pencarian google.

NLP berfungsi untuk memberi kepuasan terhadap pelanggan, karena teknologi NLP akan menampilkan beberapa kalimat yang relevan dengan apa yang sedang kita cari.



7. Jelaskan fungsi teknologi machine learning digunakan di mesin pencarian google.

Google dan mesin pencari lainnya seperti Bing dan Yahoo sudah dari dulu menerapkan machine learning untuk melakukan perangkingan laman suatu website. Setiap mesin pencari mempunyai resep tersendiri pada algoritma pencarian yang digunakan. Dalam praktiknya ketika kita mengetik kata kunci, Google akan menampilkan hasil pencarian yang paling mendekati kata kunci tersebut. Apabila kita memilih suatu halaman dan menghabiskan banyak waktu pada halaman tersebut, Google akan mendeteksi bahwa halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan. Begitu pula, saat kita melihat halaman pencarian berikutnya misalnya halaman 2, 3, dan seterusnya. Google akan mendeteksi adanya error hasil pencarian yang dihasilkan dengan kata kunci. Begitulah data tersebut terkumpul dan dianalisis menggunakan machine learning oleh Google Search Engine, untuk menghasilkan hasil pencarian yang dinamis dan berkualitas

8.Jelaskan algoritma apa saja yang digunakan oleh Google untuk memberikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan bagi pengguna.

a. Mobile First Index

Dari mobile-first index , Google mengindex konten website dengan dua versi, desktop dan mobile. Jika website kamu belum mobile friendly , Google akan tetap mengidex dengan versi dekstop dari website kamu. Dari nama mobile-first secara harafiah Google melakukan indexing dengan mempertimbangkan dan mendahulukan website yang mobile-friendly dari setiap website yang ingin terangking di Google search engine.


b. “Brackets” Core Update

Di dalam situs twitter Google webmaster, dalam sehari Google bisa mengajukan sebuah perubahan untuk algoritma mereka guna meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencarian mereka.


c. RankBrain

Menurut neilpatel , algoritma rankbrain berhubungan dengan user-intent atau minat dari pengguna dari search engine untuk menampilkan hasil pencarian Google yang dianggap paling relevan. Pengguna search engine seperti kita cenderung mencari informasi dari yang sangat umum kemudian menyempit ke pencarian yang lebih spesifik. Sebagai contoh, kita mencari kategori website yang bagus, kemudian kita akan mencari cara membuat website untuk pemula, dan kemudian kita akan mencari hosting murah dan domain murah. Rankbrain sangat mampu untuk menampilkan hasil yang dirasa paling relevan untuk user.


d. Hummingbird

Algoritma hummingbird bekerja dengan apa yang disebut dengan conversational search dengan memperhatikan kalimat pencarian yang dimasukan di dalam mesin pencarian. Google tidak lagi hanya memperhatikan keywords atau kata kunci dengan 1 kata atau 2 kata.


e. Penguin

Algoritma Penguin pertama kali dirilis pada tahun 2012. Pada masa itu banyak website yang memiliki konten tidak bermanfaat, atau berisi spam keywords atau dalam bahasa teknis disebut “keyword stuffing” dan kemudian banyak link link yang sangat tidak membuat nyaman para “pencari informasi” di internet.Google mengeluarkan algoritma penguin dan memberi pinalti sehingga website yang melanggar algoritma penguin akan dikeluarkan dari index Google, dengan kata lain website tersebut tidak akan ada di mesin pencari Google atau search engine Google.


f. Panda

Fokus dari algoritma panda adalah on-Page SEO. Ketika pertama keluar update panda, website dengan kualitas konten yang jelek dan sangat tidak relevan, misal terlalu sedikit konten atau terdapat keywords stufing atau mengulang kata secara berturut turut, dan juga terdapat banyak duplikat atau konten yang sama persis akan terkena Panda dan akan diberikan pinalti. Pinalti dapat berupa dihilangkan dari mesin pencarian Google atau Search Engine Google.




9. Jelaskan beberapa sikap atau perilaku yang perlu digunakan oleh google untuk memberikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan bagi pengguna.

-Pastikan keamanan jaringan yang digunakan

-Pakai software keamanan yang aman dan sudah diperbarui


-Selalu perhatikan situs dengan alamat https://


-Gunakan macam macam kombinasi password




10. Jelaskan hubungan antara social engineering dengan phising.

phishing adalah sala satu contoh dari social engineering dalam pencurian data, dengan social engineering adalah ancaman yang bersifat non-teknis. Social engineering dapat digunakan oleh banyak pihak baik internal maupun eksternal. Kebanyakan orang menyebut social engineering sebagai suatu aktifitas meretas informasi penting melalui psikis dan pikiran manusia. Berbeda dengan meretas sistem komputer, mendapatkan informasi berharga dari seseorang membutuhkan teknik sosial dan persuasif yang tinggi. Karena objek yang akan mereka “retas” adalah manusia bukan mesin. Sedangkan phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID,Password dan data-data sensitive lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Istilah ini berasal dari Bahasa Inggris fishing yang berarti memancing. Dalam hal ini memancing target untuk memberikan informasi penting seperti informasi keuangan dan password yang dimilikinya.


mohon maaf bila ada typo atau salah ketik.

sekian terima kasih.

1 view0 comments

Recent Posts

See All

Alumni Mengispirasi

Alumni Menginspirasi adalah acara yang diadakan oleh Smp Labschool Jakarta. Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021. Dikarenakan situasi pandemi maka ac

Etika dalam Media Sosial

Pada era digital ini, telah banyak hal yang dapat kita lakukan lewat gadget. Salah satunya adalah berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial seperti twitter, youtube, instagra

Invita & Wisata Edu

Halo semua! Kali in saya akan membagikan pengalaman saya tentang INVITA dan Wisata Edukasi Pada tanggal 28 april 2021, SMP Labschool Jakarta mengadakan acara INVITA secara virtual. Biasanya jika tidak

bottom of page